Rabu, September 09, 2009

CARA MENGQODHO SHALAT

CARA MENGQODHO SHALAT

Assalamualaikum WR.WB. Allhamdulillah dengan izin Allah kita bisa melanjutkan artikel yang kemarin Yang Wajib Menjalankan Shalat, baiklah para pembaca yang setia, Sebelum saya menjelaskan Cara Mengqodho Shalat, ada beberapa hal yang mungkin akan mengingatkan kita semua karena Wajibnya kita menjalankan Shalat sehingga bilamana kita meninggalkan Shalat itu berarti kita mempunyai hutang Haqullah yaitu membayarnya dengan cara mengqodhonya.

Baiklah kita langsung saja, Bagaimana Cara Mengqodho Shalat? Cara mengqodho Shalat ada dua macam, tergantung penyebab apa sehingga kita meninggalkan Shalat?

1. Kita Wajib MengQodho Shalat, bahkan FAURAN “ begitu kita ingat pada waktu itu juga kita harus mengqodhonya”. Seperti kita telah meninggalkan Shalat 1 minggu Nah pada bagian ini penyebabnya adalah bilamana kita meninggalkan Shalat tersebut secara sengaja ( sadar ). Bahkan menurut Saehuna Ahmad Bin Hazar R.A yang artinya “Bilamana seseorang Muslim Mukalaf & Suci meninggalkan Shalat tanpa uzur ( darurat ) bahkan dengan sadar dan sengaja, Maka orang tersebut wajib menjalankan seluruh waktunya ( 1 Minggu kemudian )untuk mengqodho Shalat, terkecuali waktu yang dibutuhkan untuk kewajiban yang lain seperti usaha/bisnis ( untuk keperluan hidupnya )/ makan / segala sesuatu yang dibutuhkan, jadi setelah orang tersebut usaha / bisnis maka diwajibkan mengqodho Shalat. Bahkan menurut Saehuna Ahmad Bin Hazar R.A, bilamana kita punya hutang Shalat maka haram hukumnya kita melakukan Shalat Sunah. Pada pembaca yang baik pada keterangan ini anda bisa menemukannya pada Kitab Fiqih IANATUTHOLIBIIN.
2. Kita wajib mengQodho Shalat tapi hukumnya tidak secara FAURAN Dan biasanya hal ini bilamana kita meninggalkan Shalat tersebut karena ada Uzur ( darurat ) Seperti kita lupa / Pada waktu Shubuh kita tidak bangun bahkan sampai siang.Nah pada kejadian seperti ini Meng Qodho hukumnya tetap wajib, tapi bilamana malas itu boleh meng Qodhonya lain waktu saja, tapi bilamana kita mengqodho Shalat tersebut secara Fauran ( begitu kita ingat kita langsung mengqodhonya ) kita akan mendapatkan penambah Pahala Sunah.Tapi harus diingat mengqodho Shalat tetap hukumnya Wajib.


Para pembaca yang baik, 2 keterangan di atas bisa kita simpulkan bahwa kita tetap wajib mengQodho Shalat walaupun kita meninggalkannya secara tidak sengaja / lupa, kalau disengaja cara mengqodhonya harus / wajib waktu itu juga (secepatnya ), tapi kalau ada darurat, sunah dengan secepatnya ( meng Qodhonya )
Berikut beberapa pertanyaann yang biasa terjadi pada kejadian kita sehari - hari
Bagaimana caranya kalau kita punya Qodho Shalat seperti Zohor dan Ashar, mana yang di dahulukan?
Nah pada masalah seperti ini kita disunahkan men Tartibkan Qodho tersebut,jadi sunahnya adalah dahulukan Qodho Shalat Zohor, begitu selesai baru laksanakan Qodho Shalat Ashar.

Bagaimana kalau kita punya Qodho Zohor, mengQodhonya diwaktu Ashar, Apa yang harus kita lakukan, apakah Qodho Zohor dulu lalu Shalat Ashar ?
Kalau waktu Ashar masih banyak kita laksanakan dahulu Qodho Zohor, terus Shalat Ashar. Tapi bilamana waktu Ashar mau habis seperti tinggal 5 menit lagi, yang harus kita lakukan adalah laksanakan terlebih dahulu Shalat Ashar terus Shalat Qodho Zohor.

Bagaimana kalau kita punya Qodho Shalat Zohor dan meninggalkannya dengan sengaja, tapi kita mau mengQodho Shalatnya di waktu Ashar, sedangkan di Masjid mau dilaksanakan berjamaah Shalat Ashar, apakah kita Qodho Zohor dulu dan tidak berjamaah Ashar, apa kita Berjamaah Shalat Ashar lalu MengQodho Zohor?
Kalau meninggalkan Zohornya dengan sengaja, maka wajib laksanakan terlebih dahulu Qodho Zohor, terus laksanakan Shalat Ashar walaupun kita tidak berjamaah. ( waktu kita Shalat Qodho Zohor, orang lain sedang Shalat berjamaah Ashar ).

Bagaimana jika kita Shalat Qodho Zohor di waktu Ashar, sedangkan waktu Ashar mau habis. Seperti kalau kita Qodho Zohor dahulu, setelah selesai, Waktu Shalat Ashar tinggal 1 menit , Jadi tidak cukup untuk di pakai 4 raka’at?
Kalau seperti ini Wajib kita laksanaka Shalat Ashar terlebih dahulu, karena jika kita memaksa Qodho Zohor dulu maka Shalat Ashar waktunya habis, nah kalau habis bisa jadi Ashar pun menjadi Qodho.

Bagimana kalau kita punya 2 Shalat Qodho yaitu Zohor & Ashar, akan tetapi Qodho Ashar ditinggalkan karena sengaja , sedangkan Qodho Zohor karena Uzur, manakah yang didahulukan?
Wajib hukumnya kita dahulukan Qodho Ashar, karena waktu meninggalkannya secara sengaja. Barulah kemudian kita Qodho Zohor. Nah pada bagian ini kita tidak perlu melakukan Tartib, karena masing – masing Qodho berbeda alasan diwaktu meninggalkannya. ( jadi dahulukanlah Qodho yang ditinggalkannya secara sengaja). Sedangkan Tartib hukumnya Sunah.

Seperti kita punya Qodho Shalat Zohor yang waktu meninggalkannya secara Uzur, sedangkan kita mau Shalat Ashar dengan waktu Ashar yang masih panjang, Manakah yang di dahulukan?
Hukumnya Sunah kita laksanakan terlebih dahulu Shalat Qodho Zohor, terus kita laksanakan Shalat Ashar. Berbeda kalau Qodho Zohornya waktu meninggalkannya secara sengaja, hukumnya wajib mendahulukan Qodho Zohor baru kemudian Shalat Ashar.
Pada para pembaca yang setia, sampai disini dulu postingan dari saya. Nantikan Postingan berikutnya yang menerangkan “Hukum Qodho Shalat bagi orang yang meninggal”

Sebagai pengingat kepada anda yang membaca postingan saya ini, semua yang saya jelaskan mengikuti kitab Fiqih Fathul Mu’in & I’anatutholibiin karangan Sheh Abi Bakar Almashur bisaidil bakri Bin Said Muhammad Satho Adamyati Almasiri.Wassalam


Muhamad Yusuf

Carabelajarislam.blogspot.com
Rahasia top 10Google
Tip Cara Membuat Blog dengan Video
Bisnis Online, Peluang Bisnis



Rahasia Top 10 Besar Google

9 komentar:

  1. Di blogg ini anda bisa tahu bagaimana cara menqodho Shalat dengan baik dan benar

    BalasHapus
  2. bagaimanakah niat solatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. USHOLLI FARDO ZUHRI ARBA'A ROKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI QODHOAN LILLAHITA'ALA

      Hapus
  3. mkasih banyak atas infox ya pak.

    BalasHapus
  4. makasih atas blognya, sangat lengkap

    BalasHapus
  5. Alkhamdulillah.Syukron atas ilmunya.sungguh bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  6. thank sob.,
    tadi waktu duhur ane gak sholat karena lalai ni gi cari doa nya,
    ok dech ane sholat dhulu.,

    BalasHapus
  7. MAAF Shohibulblog Niat
    yg antum tuliskan kurang
    tepat N jdi M, kuatir klo
    org awam yg baca ikut2an,
    membaca kata2 yg salah ke
    tik,sy yakin antum slh ktik,

    BalasHapus